GANESHA CIVIC EDUCATION JOURNAL
Vol. 6 No. 2 (2024): October, Ganesha Civic Education Journal

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMBENTUK KESADARAN POLITIK SISWA

Sudianis, Luh Ayu (Unknown)
Suastika, I Nengah (Unknown)
Sukadi, Sukadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan gambaran kesadaran politik siswa terhadap pengetahuan, pemahaman, sikap dan tindakan atau pola prilaku politik siswa antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran secara konvensional (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam membentuk kesadaran politik (pengetahuan, pemahaman, sikap, tindakan atau pola prilaku) siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sawan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi eksperimen), populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diambil dari hasil pretest dan posttest yang dimana hasil tersebut di analisis dengan uji non parametrik wilcoxon signed rank test. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada kesadaran politik siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan temuan hasil data yang di uji secara berurutan yaitu hipotesis nihil (Ho) dari 4 variabel terikat: Pengetahuan (Y1), Pemahaman (Y2), Sikap (Y3) dan Tindakan atau pola prilaku (Y4). Implikasinya dapat memberikan harapan dalam mengatasi masalah apatisme politik di kalangan generasi muda. Melalui PBL, siswa dapat merasakan relevansi politik dalam kehidupan mereka dan termotivasi untuk terlibat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GANCEJ

Publisher

Subject

Education

Description

Ganesha Civic Education Journal jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang ...