Jurnal Tradisi Lisan Nusantara
Vol 5, No 1 (2025): Volume 5, Nomor 1, Maret 2025

NILAI SOSIAL DALAM PROSESI UPACARA ADAT “NAHUNAN” SUKU DAYAK NGAJU DI KABUPATEN KAPUAS

Eddra, Edelweis Gardena (Unknown)
Rafiek, Muhammad (Unknown)
Nilawati, Sri Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2025

Abstract

Salah satu rujukan tradisi suku Dayak Ngaju adalah tradisi “Awal Kehidupan hingga Kematian”. Upacara adat “Nahunan” merupakan salah satu bagian dari fase tradisi tersebut. Penelitian ini bertujuan mendesripsikan (1) Makna dan syarat upacara adat Nahunan bagi suku Dayak Ngaju (2) Rangkaian/susunan pelaksanaan upacara adat Nahunan di Kabupaten Kapuas, (3) Nilai sosial dalam prosesi upacara adat Nahunan di Kabupaten Kapuas. Peneliti merasa perlu untuk menggali nilai-nilai khususnya nilai sosial dalam upacara adat Nahunan agar dapat dideskripsikan dan menjadi acuan berpikir serta bertingkah laku dalam masyarakat. Peneliti juga ingin mengangkat tentang upacara adat Nahunan agar dapat dikenal lebih luas dan dilestarikan karena upacara adat ini jarang dipublikasikan ke masyarakat umum khususnya di luar Kalimantan Tengah. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang dapat mendeskripsikan hasil dari data yang dikumpulkan melalui observasi, studi dokumen serta wawancara dengan narasumber. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa 18 tahapan prosesi upacara adat Nahunan di Kabupaten Kapuas dan perwujudan nilai sosial didalamnya yaitu nilai tolong-menolong, kekeluargaan, kesetiaan, tanggung jawab, toleransi, demokrasi dan kerja sama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tradisilisan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Nusantara Oral Tradition aims to publish high-quality researches and outstanding creative works combining the broad fields of literature and linguistics on the same intellectual platform. Article contains field study, case study, library research, and others. The article must be relevant ...