Tahun 2022 kementrian agama (kemenag) Indonesia kembali memberangkatkan jamaah umrah di Indonesia setelah sekian lama keberangkatan umrah terhalang akibat pandemi. Pihak penyelenggara ibadah umrah seperti travel-travel pun mulai bernafas lega untuk kembali menjalankan aktivitasnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang kesesuaian pelayanan transportasi pelayanan transportasi dan akomodasi pada jamaah umrah PT. Tanur Murhmainah dengan Permenag (PMA) No, 8 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Karena PT. Tanur Muthmainnah adalah salah satu travel yang pernah membantu menyelamatkan jamaah umrah yang terlantar, diharapkan untuk bisa menjadi contoh yang baik untuk travel lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara langsung. Hasil dari analisis penelitian, penulis menjelaskan bahwa PT. Tanur Muthmainnah mempunyai pelayanan transportasi dan akomodasi yang sesuai dengan PMA No. 8 Tahun 2018. Dan hasil dari evaluasi penulis, PT. Tanur Muthmainnah mempunyai kualitas pelayanan yang sangat bagus dalam bidang transportasi dan akomodasi, bekerja sama dengan PO. Bus yang berkualitas, baik di Indonesia maupun Arab Saudi, serta hotel berbintang 4 dan 5.
Copyrights © 2023