cover
Contact Name
Muhamad Zen
Contact Email
journal.md@uinjkt.ac.id
Phone
+628129563750
Journal Mail Official
journal.md@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Tangerang Selatan Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dakwah
ISSN : 23383992     EISSN : 27979849     DOI : 10.15408/jmd
Core Subject : Religion, Economy,
Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in cooperation with Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of dakwah management. The scope of the journal includes dakwah management, dakwah strategies, dakwah administration, Hajj and Umrah management, zakat management, donations and alms, and Islamic Financial Management.
Articles 93 Documents
Manajemen Strategi Layanan Mobile Banking Pada Bank Syariah Mandiri (Bsm) Abdul hafiz; Mulkan Mulkan
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.707 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v8i1.19927

Abstract

Artikel ini membahasmengetahui Strategi dengan Analisis SWOT Layanan MobileBanking Perbankan Syariah dalam Menunjang Transaksi. Mobile banking merupakansalah satu layanan perbankan yang menerapkan teknologi informasi. Layanan inimenjadi peluang bagi bank untuk menawarkan nilai tambah kepada pelanggan.Keefektifan dan keefisienan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi MobileBanking tidak akan berjalan, jika tidak didukung oleh telepon seluler dan internet.Transaksi yang dapat dilakukan melalui Mobile Banking adalah transfer uang,pengecekan saldo, pembayaran, tagihan-tagihan atau biaya pendidikan, informasirekening, transaksi-transaksi lainya. Diharapkan dengan adanya layanan mobilebanking ini akan semakin banyak masyarakat yang ingin menggunakan ataumengakses transaksi itu.
PERAN KINERJA PETUGAS HAJI DALAM PELAYANAN CALON JEMAAH DI EMBARKASI JAKARTA TAHUN 2019 hamidullah mahmud
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.238 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v8i2.25932

Abstract

The Jakarta Embarkation Dormitory is a temporary stopover for prospective pilgrims in the DKI Jakarta and Banten Provinces before leaving for the holy land. Various preparations for departure and supplies are carried out by involving all officers who help serve all the needs of the congregation so that good performance needs to be carried out because this is related to the welfare of the prospective congregation.This study aims to determine the role of Hajj officers' performance in the implementation of departure services which include one stop service in multipurpose building 2, consumption and catering services, availability of facilities and infrastructure, worship guidance services, health services, services for elderly congregations, high risk and special needs. , as well as security services at the Jakarta Embarkation during the 2019 Hajj season. This study uses a qualitative descriptive method in which the results of the data are obtained from observations, interviews, and documentation.From the results of the research that the authors found in a series of services carried out by hajj officers at the Jakarta Embarkation, the results of the performance of hajj officers were good and optimal, meaning that the entire series went as planned. Hajj officers perform their main duties and functions in accordance with operating standards in the seven functional divisions of the Hajj Organizing Committee. Keywords: Performance, Hajj Officer, Service.
PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI PRODUK AMANAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT KUTABUMI KABUPATEN TANGERANG MENGGUNAKAN PEGADAIAN SYARIAH Zarin Muhammad Jabbar; Khaeron Sirin
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 9, No 2 (2021)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.62 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v9i2.24950

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pengaruh variabel independen (X) yaitu pengetahuan dan promosi kepada variabel dependen (Y) minat terhadap minat masyarakat Kutabumi Kabupaten Tangerang menggunakan Pegadaian Syariah.  Penelitian dilakukan karena masyarakat di hari ini mengetahui bahwa pegadaian hanya sebagai tempat menggadaikan barang. Fakta sebenarnya bahwa Pegadaian Syariah memiliki begitu banyak produk pemenuh kebutuhan masyarakat dalam upaya mencapai kehidupan sejahtera yang salah satunya adalah produk Amanah yang menjadi fokus kajian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil uji di lapangan menunjukan bahwa antara variabel independen yang dalam penelitian ini pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh positif kepada variabel dependen, yaitu minat masyarakat Kutabumi di Kabupaten Tangerang, baik secara parsial dan juga secara simultan. Pengaruh pengetahuan dan promosi berpengaruh sebesar 59,8% yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi pada masyarakat Kutabumi, Tangerang.Kata Kunci : Pengetahuan, Promosi, Minat, Produk Amanah, Pegadaian SyariahArtikel ini menjelaskan tentang pengaruh variabel independen (X) yaitu pengetahuan dan promosi kepada variabel dependen (Y) minat terhadap minat masyarakat Kutabumi Kabupaten Tangerang menggunakan Pegadaian Syariah.  Penelitian dilakukan karena masyarakat di hari ini mengetahui bahwa pegadaian hanya sebagai tempat menggadaikan barang. Fakta sebenarnya bahwa Pegadaian Syariah memiliki begitu banyak produk pemenuh kebutuhan masyarakat dalam upaya mencapai kehidupan sejahtera yang salah satunya adalah produk Amanah yang menjadi fokus kajian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil uji di lapangan menunjukan bahwa antara variabel independen yang dalam penelitian ini pengetahuan dan promosi memiliki pengaruh positif kepada variabel dependen, yaitu minat masyarakat Kutabumi di Kabupaten Tangerang, baik secara parsial dan juga secara simultan. Pengaruh pengetahuan dan promosi berpengaruh sebesar 59,8% yang diperoleh dari hasil uji koefisien determinasi pada masyarakat Kutabumi, Tangerang. KataKunci:Pengetahuan, Promosi, Minat, Produk Amanah, Pegadaian Syariah
Metode Fundraising Dalam Meningkatkan Dana Zakat Infaq Sedekah (ZIS) Pada Kantor Layanan Lazismu Baitul Maal Khairu Ummah Muslihin Muslihin; Ahmad Munawaruzaman
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v1i1.24031

Abstract

A good method will certainly produce very good achievements. A goodfundraising method will result in the maximum collection of zakat funds.Therefore, the author conducted a study entitled Fundraising method inincreasing zakat funds at the Muhammadiyah Amil Zakat infaq and almsinstitution (KL LAZISMU Baitul Maal Khoiru Ummah). The purpose of thisstudy is to find out the method applied by KL LAZISMU Baitul Maal KhairuUmmah and to find out the results of ZIS funds at KL LAZISMU Baitul MaalKhairu Ummah. The research method is carried out by means of descriptivequalitative research methods where the data used are secondary and primarydata, with a data collection technique of interviews, observations, anddocumentation. Then the data analysis uses descriptive analysis so that theresearchers describe the fundraising of ZIS funds in KL Lazismu Baitul maalKhoiru Ummah. The results of the research that were carried out showed thatthe fundraising method carried out by the KL Lazismu Baitul Maal KhoiruUmmah institution was direct fundraising and indirect fundraising so that theinstitution always experienced an increase in zakat funds obtained frommuzaki/donors.Metode yang baik tentunya akan menghasilkan pencapaian yang sangat baik. Metode fundraising yang baik maka akan menghasilkan pemghimpunandana zakat dengan maksimal. Maka dari itu penulis melakukan penelitiandengan judul Metode fundraising dalam meningkatkan dana zakat padaLembaga Amil Zakat infak dan sedekah Muhammadiyah (KL LAZISMUBaitul Maal Khoiru Ummah). Tujuan dari penelitian ini yaitu untukMengetahui metode yang di terapkan oleh KL LAZISMU Baitul Maal KhairuUmmah dan untuk mengetahui hasil dana ZIS pada KL LAZISMU Baitul MaalKhairu Ummah. Metode penelitian yang dilakukan dengan cara metodepenelitian kualitatif deskriptif dimana data yang di gunakan yaitu sebuah datasekunder dan primer, dengan sebuah teknik pengumpulan data wawancara,observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisisdeksriptif sehingga peneliti mendeskripsikan fundraising dana ZIS di KLLazismu Baitul maal Khoiru Ummah. Hasil penelitian yang di lakukanbahwasannya metode fundraising yang di lakukan lembaga KL LazismuBaitul Maal Khoiru Ummah adalah direct fundraising dan indirect fundraising sehingga lembaga selalu mengalami peningkatan dalam danazakat yang di dapat dari muzaki/donatur. 
Strategi Pelayanan Prima Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Jamaah Umrah Pada PT. Wisata Titian Nusantara Pelangi Ferry Setyadi Atmadja; Sugiharto Sugiharto
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.388 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v7i1.19972

Abstract

The purpose of this study is to examine the success of PT. Titiannusantara PelangiTourism in excellent service by explaining strategies in implementing excellent service and implementing excellent services that can foster the trust of Umrah pilgrims and describe the condition of the company through a SWOT analysis. This research uses a qualitative methodology with descriptive analysis techniques. The data obtained from the institution is then processed systematically in the form of written words, archives and oral, as well as the observed behavior to obtain information related to the prime service strategy in growing the trust of Umrah pilgrims.
Aplikasi Pengolahan Zakat Online Berbasis Web Baznas Depok Muhamad Ramadan; Rafi Muhammad; Fabsa Adi Riansyah
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.138 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v8i1.19898

Abstract

Zakat adalah rukun Islam  ketiga  dalam  agama  Islam.  Kedudukan  zakat sama pentingnya  dengan  shalat.  Bagi    umat    Islam    yang    mempunyai    kekayaan  yang lebih  dari  cukup,  maka ia  telah  diwajibkan  untuk  berzakat.  Manfaat  zakat  banyak sekali.  Selain  untuk  menyucikan  harta  dan  diri  orang  yang  berzakat,  juga  untuk membantu orang yang kurang mampu dengan menerima zakat tersebut. Mengingat potensi  zakat  sangat  besar  sekali  maka  perlu  dikelola  dengan  baik.  Dengan  latar  belakang    tersebut,    penulis  membuat  aplikasi  pengelolaan  zakat  online  berbasis web BAZNAS depok sebagai alternatif untuk memudahkan proses perhitungan zakat yang  harus  dikeluarkan/dibayarkan.  Aplikasi  pengelolahan  zakat  online  berbasis web BAZNAS Depok tersebut dibangun menggunakan PHP sebagai server web dan MySQL  sebagai  basis  data.  Dalam  melakukan  analisis  kebutuhan  untuk  aplikasi perhitungan  zakat  tersebut  penulis  menggunakan  diagram  keterhubungan  entitas, diagram aliran data (Data Flow Diagram), dan diagram transisi keadaa
Implementasi Standard Operating Procedures (SOP) dalam Meningkatkan Pelayanan Umrah Pada PT Semesta Alam Mandiri (Tiraz Travel) Jakarta Selatan nurmaliah nurmaliah
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.476 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v8i2.25879

Abstract

This research discusses the SOP of Umrah departure and the implementation of SOP in improving Umrah services at PT. Semesta Alam Mandiri (Tiraz Travel). SOP is a very important thing to use as a guideline and reference for company activities.With the SOP can minimize the deviations that occur in a Hajj and Umrah Travel and the company will be more effective and more controlled, so that it has an impact on the services to be provided. The results of this study show that the implementation of SOP in improving Umrah services at PT. Semesta Alam Mandiri (Tiraz Travel) South Jakarta, has been going quite well, but there are still some services that are not contained in the SOP only run based on company habits and culture. However, not causing anything fatal still has a positive impact. Keywords: Keywords: Standard Operating Procedures (SOP), Service, Umrah
Implementasi Fungsi Actuating Dalam Pembinaan Santri di Pondok Pesantren Uswatun Niswah; Muhammad Rizal Setiawan
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.695 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v1i1.24037

Abstract

This study aims to determine how the implementation of the actuatingfunction in fostering santri in Islamic boarding schools. The researchreported in this article employed a descriptive qualitative approach withinductive analysis techniques. Data was collected through observation,interview and documentation techniques. The results of the research indicatethat the "Ma'hadul Islam Sarean Kaliwungu" (MISK) Islamic BoardingSchool provides guidance to santri through several activity programs, one ofwhich is the "Jamiyah Jumat Malam" activity. Where in the skill aspect of thesantri are to be fostered and developed so that they possess the ability andaxpertise in broadcasting Islam in the community. The implementation of the  actuating function as an effort to foster santri at the MISK Islamic Boarding School is carried out in several ways, namely providing motivation, providing guidance, establishing relationships, organizing communication and developing or improving implementers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi fungsiactuating dalam pembinaan santri di pondok pesantren. Jenis penelitian yangdilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisisinduktif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren“Ma’hadul Islam Sarean Kaliwungu” (MISK) melakukan pembinaan kepadasantri melalui beberapa program kegiatan, salah satunya adalah kegiatan“Jamiyah Jumat Malam”. Di mana dalam kegiatan ini aspek yang hendakdibina dan dikembangkan adalah aspek keterampilan santri agar memilikikemampuan dan keahlian dalam mensyiarkan agama Islam di masyarakat.Implementasi fungsi actuating sebagai upaya pembinaan santri di PondokPesantren MISK dilakukan melalui beberapa cara yaitu pemberian motivasi,pemberian bimbingan, menjalin hubungan, menyelenggarakan komunikasidan pengembangan atau peningkatan pelaksana.
Implementasi Dakwah Melalui Pendidikan Pada Kaum Hu’afa: Studi Kasus Sekolah Smart Ekselensia Lembaga Pengembangan Insani Dompet Du’afa Rubiyanah Rubiyanah; Abdul Jalil
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.412 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v7i1.19978

Abstract

Da'wah is not only meant as tabligh activities. Activities that lead to actions or actions to move community groups with the aim of increasing the dignity and values of the people are also da'wah. DompetDhuafaPendidikan (DDP) through the Human Development Institution seeks to realize da'wah through education for the du'afa by establishing SMART EI, boarding high school, free of charge and accelerating (5 years of junior-high school). Based on this, the question arises, how is the implementation of da'wah through the education of du'afa conducted by Du'afa Wallet? This study uses qualitative research, with data collection techniques through observation, interviews with leaders, teachers and student beneficiary representatives, as well as through documentation. Data is presented by descriptive analysis method. The manifestation of DompetDhuafa's concern,which isto educate the nation's life and to improve the quality of human resources of Muslims in Indonesia, is implemented through the Junior High School and Senior High School programs under the Human Development Institute which is focused on dhu'afa children. The reason why the focus is on students from among the dhu'afa, because not all educational institutions can accept students who are financially unable to pay for education. Moreover, superior schools that have qualities that are globally competitive, can certainly not be followed by those who have economic limitations, despite achieving.  
Pengelolaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat Muhammad Dzaki Hawari; Muhammad Zen
Jurnal Manajemen Dakwah Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatulla

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.194 KB) | DOI: 10.15408/jmd.v8i1.19929

Abstract

Productive Zakat management to improve the welfare of the people is carried out by the management and staff of the Indonesian Zakat House amil zakat institution, to maintain its existence as an NGO-based social institution (Non-Government Organization), the quality of management is an important essence in serving donors in general and in particular. the mustahik in the village are empowered so that the collection and distribution process is in accordance with the wishes of the donors and mustahik who are worthy of welfare. This research was conducted to carefully study the implementation of productive zakat management carried out by Rumah Zakat Indonesia with the aim of improving the welfare of the people. Management of services in terms of collection, data collection of donors, data collection of mustahik, improving the quality of amil to the stage of distributing zakat funds according to the institution's program. This study uses descriptive qualitative methods, namely using the method of observation and interviews as the author's research instruments. Based on the results of the author's research, it was found that the management of zakat funds in Rumah Zakat institutions is quite good which can improve the welfare of the people. Starting from raising funds to the stage of distribution, God willing, it is right on target according to the alquran and hadith. Pengelolaan Zakat Produktif untuk meningkatkan kesejahteraan umat dilakukan oleh para pengurus dan staff amil zakat lembaga Rumah Zakat Indonesia, untuk tetap mempertahankan eksistensinya sebagai lembaga sosial yang berbasis NGO (Non Government Organization), kualitas pengelolaan merupakan suatu esensi yang penting dalam melayani donatur pada umumnya dan khususnya para mustahik yang ada di desa berdaya agar proses penghimpunan dan penyaluran sesuai dengan keinginian donatur dan mustahik yang layak untuk disejahterakan. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari secara seksama implementasi pengelolaan zakat produktif yang dilakukan oleh Rumah Zakat Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan umat. Pengelolaan pelayanan dari segi penghimpunan, pendataan donatur, pendataan mustahik, meningkatkan kualitas para amil sampai pada tahap penyaluran dana zakat sesuai dengan program lembaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yakni menggunakan metode observasi dan wawancara sebagai instrument penelitian penulis.Berdasarkan hasil penelitian penulis, ditemukan pengelolaan dana zakat di lembaga Rumah Zakat yang cukup baik yang mampu meningkatkan kesejahteraan umat. Mulai dari penghimpunan dana sampai pada tahap penyaluran yang insya Allah tepat sasaran sesuai dengan alqur’an dan hadits. 

Page 1 of 10 | Total Record : 93