Kemajuan teknologi dan tingginya penggunaan media digital memberikan peluang besar bagi bisnis untuk melakukan pemasaran secara efektif. Hal ini juga berlaku bagi biro jasa umroh, seperti Haqeem Travel yang memanfaatkan pemasaran digital untuk menarik minat masyarakat Muslim Indonesia dalam beribadah umroh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan dan efektivitas pemasaran digital oleh Haqeem Travel dalam menjual produk umrohnya dan meningkatkan jumlah jamaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data deskriptif melalui wawancara dengan tim pemasaran Haqeem Travel serta analisis literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital yang diterapkan Haqeem Travel efektif dalam meningkatkan jumlah jamaah. Namun, sebagian besar jamaah yang mendaftar umroh di Haqeem Travel berasal dari pemasaran melalui kemitraan, bukan dari pemasaran digital.Kata Kunci : Efektivitas, Pemasaran Digital, Produk Umrah
Copyrights © 2024