Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan bentuk keterlibatan orang tua dalam program PAUD di TK IT Insan Kamil Nanga Pinoh. Keterlibatan orang tua dengan sekolah merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian adalah 10 wali murid dan 2 guru. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan 1) bentuk keterlibatan orang tua berupa parenting, komunikasi, belajar di rumah, pengambilan keputusan, dan berkolaborasi dengan masyarakat; 2) Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat keterlibatan orang tua dalam program PAUD; 3) Manfaat dari adanya keterlibatan yaitu orang tua mempromosikan sekolah, mendapatkan informasi mengenai capaian perkembangan anak, motivasi dan prestasi belajar anak meningkat; 4) Upaya sekolah untuk melibatkan orang tua yaitu melakukan komunikasi terbuka dan sesering mungkin, membangun lingkungan yang ramah, melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan, mengemukakan aspirasi, dan memilih waktu yang tepat.
Copyrights © 2023