Masa Keemasan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4 No 2 (2024): Juli 2024

PENGARUH LAYANAN BERMAIN BERSAMA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) NANGA PINOH

Septiadi, Wahyu (Unknown)
Kartini, Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bermain bersama yang terintegrasi dalam proses pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Nanga Pinoh terhadap perkembangan sosial-emosional anak. Perkembangan pada aspek sosial-emosional merupakan suatu aspek yang sangat penting dan berpengaruh pada tumbuh kembang anak hingga anak dapat melanjutkan perkembangannya sampai ke tahap berikutnya. Ruang lingkup dan kajian utama pada penelitian ini adalah analisis persepsi para orang tua peserta didik mengenai layanan bermain bersama dan persepsi guru terhadap aspek perkembangan sosial-emosional setiap peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresional melalui analisis akumulasi hasil persepsi orang tua peserta didik dan persepsi tenaga pengajar melalui skala likert. Data penelitian ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 partisipan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil uji T atau uji hipotesis ditemukan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,050 dan T hitung adalah sebesar 3,452 > 2,048 yang mana dapat difahami bahwa layanan bermain bersama pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Nanga Pinoh memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial-emosional peserta didik usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Layanan Bermain Bersama, Perkembangan sosial-emosional

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MKJPAUD

Publisher

Subject

Education Other

Description

Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is published by Early Childhood Education Departement in STKIP Melawi, West Kalimantan, Indonesia. This journal is published twice a year in January and July. This journal is consists of conceptual articles and research reports related to nursery ...