Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan dan temuan terkait penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol PRISMA, yang mencakup tahapan seleksi jurnal, proses screening dan inklusi, pengkodean data berdasarkan kata kunci, ekstraksi data, serta analisis menyeluruh terhadap studi terpilih. Pencarian literatur dilakukan melalui database internasional dan nasional, seperti Google Scholar, ScienceDirect, ResearchGate, dan Sinta, dengan rentang publikasi tahun 2020 hingga 2025. Dari hasil pencarian awal sebanyak 1.037 artikel, proses penyaringan menghasilkan 15 jurnal final yang dianalisis lebih lanjut. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi media pembelajaran berbasis AR secara signifikan meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, serta prestasi akademik siswa dalam pembelajaran IPA. AR juga terbukti menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan imersif yang mendukung eksplorasi ilmiah serta keterlibatan aktif siswa. Namun demikian, penelitian yang menitikberatkan pada pengembangan model pembelajaran AR, rancangan framework, serta implementasi berskala besar di kelas masih terbatas, sehingga terdapat peluang penelitian lanjutan. Penelitian ini menyarankan agar studi di masa depan mengembangkan model pembelajaran AR yang lebih holistik dan adaptif terhadap kebutuhan kurikulum dan kesiapan teknologi di pendidikan dasar.
Copyrights © 2025