Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Vol. 11 No. 1 (2025): Maret

Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Mengingat Pembelajaran di PAUD Cerdas Ceria Sanggar Kegiatan Belajar Kabubaten Serang

Iqbal, Muhammad Al (Unknown)
Siregar, Herlina Al (Unknown)
Resti, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Abstract: The aim of this research is to find out how the Smart Ceria Early Childhood Learning Activities Studio in Serang Regency can memorize learning using the singing approach method. PAUD managers, teachers and students were used as sources of research data. Data collection was carried out through observation, interviews and documentation techniques. Research shows that considering learning with a singing approach requires planning, implementation and evaluation procedures. By using the singing method, children can memorize material more easily, remember learning for longer, and raise enthusiasm in children. Children memorize songs and material, and only use songs that are appropriate for the child. However, the application of the singing method has the most advantage that children become more enthusiastic about learning.Key Words: Singing Method, Learning, Early Childhood.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Sanggar Kegiatan Belajar Anak Usia Dini Smart Ceria di Kabupaten Serang dapat menghafal pembelajaran dengan metode pendekatan bernyanyi. Pengelola PAUD, guru, dan siswa dijadikan sebagai sumber data penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa mengingat pembelajaran dengan pendekatan bernyanyi memerlukan prosedur perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan menggunakan metode bernyanyi, anak dapat lebih mudah menghafal materi, mengingat pembelajaran lebih lama, dan membangkitkan semangat pada anak. Anak menghafalkan lagu dan materi, serta hanya menggunakan lagu yang sesuai dengan anak. Tetapi penerapan dari metode bernyanyi mempunyai lebih banyak kelebihan yaitu anak jadi lebih bersemangat dalam pembelajaran.Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Pembelajaran, Anak Usia Dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...