Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal
Vol. 11 No. 1 (2025): Maret

Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Mengenal Huruf Abjad di PAUD Cerdas Ceria Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Serang

Bahtiar, M. Fazri (Unknown)
Siregar, Herlina Al (Unknown)
Resti, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Abstract: Letter recognition is a skill that children must master, because it will later affect their language skills. This study was used to determine the use of the singing method to improve letter recognition skills in early childhood education. Early childhood education is an important stage in child development known as the golden age. At this stage, children experience rapid growth and prefer fun activities, including playing. Play-based learning and social interaction are considered effective in facilitating the acquisition of various skills, including the introduction of letters of the alphabet which are the basis for reading and writing skills. This study analyzes the implementation of the singing method to introduce letters of the alphabet at PAUD Pintar Ceria, Serang Regency. This method is designed to create an interactive and fun learning atmosphere so as to improve children's memory, involvement, and social skills. The results of this study through direct observation showed that 90% of children actively participated and showed joy during learning. The singing method not only helps letter recognition, but also supports children's motor skills, emotions and creativity. Although there are challenges such as differences in children's abilities and time constraints, the benefits of this method in creating a positive learning environment make it an effective choice for children's education.Key Words: Recognizing Letters, Singing MethodAbstrak: Pengenalan huruf merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh anak, karena nantinya akan mempengaruhi kemampuan berbahasanya. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan keterampilan pengenalan huruf pada pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan tahapan penting dalam tumbuh kembang anak yang dikenal dengan masa emas (golden year). Pada tahap ini, anak mengalami pertumbuhan pesat dan lebih menyukai aktivitas yang menyenangkan, termasuk bermain. Pembelajaran berbasis bermain dan interaksi sosial dinilai efektif dalam memfasilitasi perolehan berbagai keterampilan, termasuk pengenalan huruf-huruf abjad yang menjadi dasar keterampilan membaca dan menulis. Penelitian ini menganalisis implementasi Metode bernyanyi untuk mengenalkan huruf abjad di PAUD Pintar Ceria Kabupaten Serang. Metode ini dirancang untuk menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan sehingga meningkatkan daya ingat, keterlibatan, dan keterampilan sosial anak. Hasil penelitian ini melalui observasi langsung diketahui 90% anak berpartisipasi aktif dan menunjukkan kegembiraan selama pembelajaran. Metode bernyanyi tidak hanya membantu pengenalan huruf, tetapi juga menunjang motorik, emosional dan kreativitas anak-anak. Meski terdapat tantangan seperti perbedaan kemampuan anak dan keterbatasan waktu, namun manfaat metode ini dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif menjadikannya pilihan yang efektif untuk pendidikan anak.Kata Kunci: Mengenal Huruf, Metode Bernyanyi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Transformasi (JTNI) : Jurnal Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal is scientific journal published by Program StudI Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016. JTNI contains ...