Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman
Vol 9, No 2 (2024): Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman

STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DI PONDOK TAHFIDZUL QUR’AN IBUNDA HJ. SHOFIYAH

Tifani, Ananda (Unknown)
Rahmadi P, Fuji (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Dalam pembelajaran tahfiz, ditemukan bahwa siswa sering kali mulai mempelajari Al-Qur’an sejak usia dini. Proses ini menekankan pada hafalan dan pemahaman, dengan dorongan bagi siswa untuk mencapai tingkat kefasihan tinggi dalam menghafal teks suci Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengelolaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di pondok Tahfidzul Qur’an Ibunda Hj. Shofiyah dalam mengelola kegiatan hafalan Al-Qur’an serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi di rumah tahfiz tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui penelitian ini, diperoleh gambaran mengenai strategi pengelolaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di pondok Tahfidzul Qur’an Ibunda Hj. Shofiyah. Penelitian kualitatif ini menghasilkan kesimpulan berupa data deskriptif yang menggambarkan secara rinci, bukan berupa angka-angka. Target informan dalam penelitian ini adalah guru dan murid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-muaddib

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al- Muaddib (Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman)adalah jurnal yang menampung publikasi ilmu sosial dan keislaman, baik itu artikel maupun hasil penelitian dari Dosen, Mahasiswa dan ...