Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS V SEKOLAH DASAR

Sofian, Eri (Unknown)
Wahyuni, Rika (Unknown)
Setyowati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN15 Singkawang; 2) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 15 Singkawang;3) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa kelas V SDN 15 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional denganpendekatan kuantitatif dan desain penelitian assosiatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 15 Singkawang. Sampel dalampenelitian ini adalah kelas 5A dan 5B yang berjumlah 30 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yangdigunakan yaitu tes kemampuan membaca pemahaman dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan kemampuan membaca pemahaman tergolongtinggi dengan rata-rata keseluruhan 70; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis matematika siswa tergolongtinggi dengan rata-rata keseluruhan 78; (3) Terdapat hubungan Hubungan antara kemampuan membaca pemahamandengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 15 Singkawang dengan koefisien korelasisebesar 0.777 berada pada kategori tinggi dan nilai koefisien determinasi sebesar 60,37%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...