Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN15 Singkawang; 2) Untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 15 Singkawang;3) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa kelas V SDN 15 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional denganpendekatan kuantitatif dan desain penelitian assosiatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 15 Singkawang. Sampel dalampenelitian ini adalah kelas 5A dan 5B yang berjumlah 30 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yangdigunakan yaitu tes kemampuan membaca pemahaman dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan kemampuan membaca pemahaman tergolongtinggi dengan rata-rata keseluruhan 70; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis matematika siswa tergolongtinggi dengan rata-rata keseluruhan 78; (3) Terdapat hubungan Hubungan antara kemampuan membaca pemahamandengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 15 Singkawang dengan koefisien korelasisebesar 0.777 berada pada kategori tinggi dan nilai koefisien determinasi sebesar 60,37%.
Copyrights © 2025