Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan dan efektivitas media Fun Thinkers Book terhadapkemampuan menghafal aksara Jawa pada siswa kelas III di SDI Maryam Surabaya. Penelitian menggunakan teknikpurposive sampling dengan sampel 20 siswa kelas III D. Data dikumpulkan menggunakan pre-test, post-test, dandokumentasi, dan uji keefektifan dilakukan menggunakan N-gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Fun Thinkers Book secara signifikan meningkatkan kemampuanmenghafal aksara Jawa siswa kelas III D. Ini terbukti dari hasil pre-test yang menunjukkan variasi kemampuan awalyang lebar (nilai tertinggi 90, terendah 30) dan post-test yang menunjukkan peningkatan signifikan (nilai tertinggi 100,terendah 50). Hal ini membuktikan media ini efektif dalam meratakan kemampuan siswa dan mengurangi disparitas.Efektivitas media Fun Thinkers Book dalam meningkatkan kemampuan menghafal aksara Jawa diukur menggunakan NGain Score dengan SPSS versi 23. Hasilnya menunjukkan sebagian besar siswa mencapai kategori tinggi dengan nilairata-rata 0,8769 dan standar deviasi 0,23026, membuktikan bahwa media ini merupakan solusi efektif dalam mengatasikesulitan siswa kelas III SD Islam Maryam Surabaya dalam menghafal aksara Jawa.
Copyrights © 2025