Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

EFEKTIVITAS MEDIA FUN THINKERS BOOK TERHADAP MENGHAFAL AKSARA JAWA PADA KELAS III DI SDI MARYAM

Salsabilla, Febby Salmaisyah (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)
Santoso, Rudi Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan dan efektivitas media Fun Thinkers Book terhadapkemampuan menghafal aksara Jawa pada siswa kelas III di SDI Maryam Surabaya. Penelitian menggunakan teknikpurposive sampling dengan sampel 20 siswa kelas III D. Data dikumpulkan menggunakan pre-test, post-test, dandokumentasi, dan uji keefektifan dilakukan menggunakan N-gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Fun Thinkers Book secara signifikan meningkatkan kemampuanmenghafal aksara Jawa siswa kelas III D. Ini terbukti dari hasil pre-test yang menunjukkan variasi kemampuan awalyang lebar (nilai tertinggi 90, terendah 30) dan post-test yang menunjukkan peningkatan signifikan (nilai tertinggi 100,terendah 50). Hal ini membuktikan media ini efektif dalam meratakan kemampuan siswa dan mengurangi disparitas.Efektivitas media Fun Thinkers Book dalam meningkatkan kemampuan menghafal aksara Jawa diukur menggunakan NGain Score dengan SPSS versi 23. Hasilnya menunjukkan sebagian besar siswa mencapai kategori tinggi dengan nilairata-rata 0,8769 dan standar deviasi 0,23026, membuktikan bahwa media ini merupakan solusi efektif dalam mengatasikesulitan siswa kelas III SD Islam Maryam Surabaya dalam menghafal aksara Jawa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...