Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

META ANALISIS PENELITIAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPSERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA SD

Alfiyah, Inayah (Unknown)
Hidayat, Muhammad Thamrin (Unknown)
Sunanto, Sunanto (Unknown)
Ibrahim, Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Metode pembelajaran eksperimen sangat baik serta memiliki banyak kelebihan tetapi guru enggan untuk menerapkan metode tersebut dikarenakan terkadang guru tidak percaya akan mendapatkan hasil yang bagus untuk pembelajarannya, terkadang memakan waktu cukup lama untuk melakukan metode pembelajaran eksperimen, Sehingga kita perlu untuk meyakinkan guru untuk menerapkan metode ekperimen dan mendapatkan hasil yang bagus dalam pembelajaran IPA di SD. Tujuan penelitian mendeskripsikan keunikan, hambatan serta hasil pada penelitian terdahulu tentang penerapan metode pembelajaran eksperimen pada pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Penelitian meta analisis ini yang akan menganalisa penelitian-penelitian penerapan metode pembelajaran eksperimen pada pembelajara IPA SD. Jumlah tulisan yang diambil sebanyak 10 artikel di jurnal nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keunikan yang ada pada beberpa penelitian yaitu mencakup desain penelitian, teknik pengmpulan data serat hasil penelitian terdahulu. Hambatan yang terjadi pada beberapa penelitian terdahulu yaitu motivasi dan minat siswa rendah, serta hasil penelitian yang didapat pada penelitian-penelitian terdahulu adalah hasil belajjar yang meningkat. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) keunikan yang ada dalam penelitian ini yaitu a). Desain penelitian, paling banyak adalah Pre Eksperimen dengan one group pretest-posttest. b). Metode/Teknik pengumpulan data, yang paling banyak adalah hasil tes dan observasi. c). Analisis data, yang paling banyak adalah statistik. 2). Hambatan yang ditemukan dalam meta analisis penelitian penerapan metode pembelajaran eksperimen yang paling banyak yaitu motivasi dan minat siswa rendah. 3). Hasil penelitian dalam beberapa penelitian pada metode pembelajaran eksperimen pada pembelajaran IPA SD mendapatkan hasil belajar yang meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...