Tujuan penelitian ini adalah (1). untuk mengetahui keterampilan membaca peserta didik di kelas I SDNGandekan Surakarta, (2). untuk mengetahui keterampilan numerasi peserta didik di kelas I SDN Gandekan Surakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1,kepala sekolah, dan peserta didik kelas 1, objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata bergambarditinjau dari keterampilan membaca dan numerasi peserta didik tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan datapada penelitian ini ialah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data kualitatifdilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan denganurutan reduksi data (data Reduction), penyajian data (data display), pemeriksaan kesimpulan atau verifikasi (dataconclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini yaitu: (1) Adanya penigkatan dalam keterampilan membaca padapeserta didik kelas I di SDN Gandekan Surakarta (2). Untuk keterampilan numerasi pada peserta didik kelas I SDNGandekan Surakarta juga meningkat pada saat menggunakan media kartu kata bergambar. Respon peserta didikpada saat penggunaan media kartu kata bergambar sangat baik, dan positif sehingga pembelajaran berjalan denganbaik serta lancar. Pada awalnya kesulitan dalam memahami materi pembelajaran akhirnya diajarkan secara bertahapdengan menggunakan media kartu kata bergambar sampai mereka paham, mereka sangat senang jika pembelajaranmenggunakan media kartu kata bergambar.
Copyrights © 2025