Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 1 (2025): MARET

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN NUMERASI SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI GANDEKAN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Vareno, Yulia (Unknown)
Trisiana, Anita (Unknown)
Restunigsih, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1). untuk mengetahui keterampilan membaca peserta didik di kelas I SDNGandekan Surakarta, (2). untuk mengetahui keterampilan numerasi peserta didik di kelas I SDN Gandekan Surakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1,kepala sekolah, dan peserta didik kelas 1, objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata bergambarditinjau dari keterampilan membaca dan numerasi peserta didik tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan datapada penelitian ini ialah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data kualitatifdilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan denganurutan reduksi data (data Reduction), penyajian data (data display), pemeriksaan kesimpulan atau verifikasi (dataconclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini yaitu: (1) Adanya penigkatan dalam keterampilan membaca padapeserta didik kelas I di SDN Gandekan Surakarta (2). Untuk keterampilan numerasi pada peserta didik kelas I SDNGandekan Surakarta juga meningkat pada saat menggunakan media kartu kata bergambar. Respon peserta didikpada saat penggunaan media kartu kata bergambar sangat baik, dan positif sehingga pembelajaran berjalan denganbaik serta lancar. Pada awalnya kesulitan dalam memahami materi pembelajaran akhirnya diajarkan secara bertahapdengan menggunakan media kartu kata bergambar sampai mereka paham, mereka sangat senang jika pembelajaranmenggunakan media kartu kata bergambar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...