Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 1 (2024)

Optimalisasi Kemampuan Literasi Siswa SD Melalui IPAS: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Box TESANRA

Ummah, Rika Rohmatul (Unknown)
Oktavianti, Ika (Unknown)
Kironoratri, Lintang (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Box TESANRA dalam pembelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) ini dilakukan melalui beberapa tahapan yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg Gall (1983: 775) yang disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu: 1) Research and information collecting (Tahap analisis dan pengumpulan data), 2) Planing (Tahap perencanaan), 3) Develop preliminary form of product (Tahap pengembangan produk), dan 4) Preliminary and Operational field testing (Tahap validasi serta uji coba skala terbatas). Tingkat kevalidan media yang dikembangkan diukur dengan angket penilaian media yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media memperoleh jumlah skor rata-rata 3,7 dengan presentase total skor 94,64% dan hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 3,8 dengan presentase total skor 96,42%. Berdasarkan pedoman konvensi data kuantitatif ke data kualitatif, maka pengembangan media Pop Up Box TESANRA berada pada kategori Valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain media Pop Up Box TESANRA ini layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...