Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 3 (2024)

Penanaman Materi Akhlaq Karimah dalam Pembelajaran PAI di Masa PTM-T pada Siswa SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo Kandangan Temanggung

Utomo, Yudha Anggiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penanaman materi akhlaq karimah dalam pembelajaran PAI di masa PTM-T pada Siswa SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo Kandangan Temanggung Jawa Tengah bertujuan untuk menganalisis (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan  akhlaq karimah pada peserta didik. (2) Muatan materi  materi akhlaq karimah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo. (3) Implikasi dari penanaman  akhlaq karimah di SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo. Metode yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi multikasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul diverifikasi dengan teknik triangulasi untuk memastikan objektifitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam penanaman  akhlaq karimah antara lain: keteladanan, pembiasaan, dan pemberian nasihat. (2) Muatan materi akhlaq karimah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN adalah berbaik sangka, simpati, kerja sama, dan tolong menolong, bersikap toleran, hidup rukun, serta hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan anggota keluarga. (3) Implikasi dari penanaman akhlaq karimah yaitu sopan santun, toleransi, hormat dan patuh, simpati, serta rajin beribadah dan rajin belajar. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...