Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 4, No 6 (2023)

MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH

Sari, Erni Anita (Unknown)
Wahidin, Wahidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Tujuan mempelajari Fiqih adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang berbagai hukum Syariah atau  Islam dan berbagai  aturan kehidupan manusia. Memahami permasalahan tersebut bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi siswa Madrasah Tsanawiyah yang notabene harus selalu diberikan contoh dan permasalahan spesifik yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Pancasila Salatiga. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi, sedangkan metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti  dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fiqh dengan  model pembelajaran berbasis masalah membantu meningkatkan pemahaman anak terhadap materi fiqh, karena pembelajaran selalu bertujuan untuk menyajikan permasalahan sederhana. , tapi mampu untuk memberikan pemahaman yang cukup spesifik terhadap siswa. Selain itu dengan dimunculkannya masalah-masalah ternyata dapat merangsang siswa lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...