ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol. 14 No. 2 (2024): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Strategi Guru Dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas V SDN 01 Taringgul Tonggoh

Nurjanah, Siti (Unknown)
Muttaqin, Muhammad Fauzan (Unknown)
Setiyadi, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas strategi yang diimplementasikan oleh guru untuk meminimalisir perilaku bullying di tingkat Sekolah Dasar khususnya di kelas V SDN 01 Taringgul Tonggoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas berbagai strategi yang digunakan oleh guru. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pemilihan informan memakai purposive sampling yaitu guru umum, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles and Huberman untuk mengungkap dampak positif implementasi strategi ini terhadap iklim Sekolah Dasar. Temuan menunjukkan variasi dalam pendekatan, termasuk pendidikan berbasis empati, pelatihan anti bullying, dan keterlibatan orang tua melalui diskusi melibatkan poin-poin kunci strategi, tantangan, dan implikasi praktisnya. Penegasan kembali pentingnya peran guru dalam meminimalisir perilaku bullying dengan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung di Sekolah Dasar, sambil memberikan panduan bagi penelitian lebih lanjut dan penerapan praktis di lapangan. Keywords: Strategi, Bullying, Sekolah Dasar 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...