ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol. 14 No. 2 (2024): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Mengidentifikasi Kesulitan Guru Dalam Penggunaan Aplikasi Scratch Pembelajaran IPA Di Kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga

Sri Darmayanti, Ni Wayan (Unknown)
Wulandari, Kadek Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan guru dalam penggunaan aplikasi Scratch dalam pembelajaran IPA di kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dengan mendeskripsikan berupa kata-kata atau kalimat yang memiliki makna tertentu. Proses pengumpulan data dilakukan pada bulan Oktober 2023 dengan subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 5 SD Negeri 1 Cempaga. Selanjutnya, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, menunjukan bahwa guru mengalami beberapa kendala dalam penggunaan media pembelajaran aplikasi Scratch, selanjutnya mengatasi permasalahan tersebut guru melakukan latihan bertahap menggunakan aplikasi Scratch melalui media sosial, serta mencari referensi ide-ide.Keywords: Scratch, Pembelajaran IPA, Media Pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...