Jurnal Manarang Manajemen dan Bisnis
Vol 3 No 2 (2025): Jurnal Manarang : Manajemen dan Bisnis (April 2025)

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SULAWESI BARAT ANGKATAN 2020

Dian (Unknown)
Sumarsih (Unknown)
Nur Qamariah (Unknown)
Muhammad Shaleh Z (Unknown)
Aiyul Ikhram (Unknown)
Akbar Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan online customer review terhadap loyalitas konsumen di Marketplace Shopee dengan fokus pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat angkatan 2020. Dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan 65 responden . Penelitian ini menguji hubungan antara Digital Marketing dan Online Customer Review terhadap loyalitas konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Online customer review juga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Secara simultan, digital marketing dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Strategi pemasaran digital yang tepat dipadukan dengan ulasan dari konsumen lain memperkuat ikatan pengguna terhadap Shopee. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan optimalisasi Digital Marketing dan penguatan kehadiran Online Customer Review, maka Shopee akan lebih efektif dalam membangun loyalitas pelanggannya. Kata Kunci : Loyalitas Konsumen; Markeplace Shopee; Pemasaran Digital; dan Review Pelanggan Online

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

manarang

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menyediakan tempat bagi akademisi, peneliti dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitian asli atau artikel ulasan. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik, termasuk: Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen ...