Jurnal Agribisnis
Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Agribisnis Volume 14 No 1 Tahun 2025

Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Pembelian Benih Padi Pada Instalasi Kebun Benih Padi

Bernalia Manapa (Unknown)
Idawati (Unknown)
Haruna, Naima (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Peningkatan produktivitas dan produksi tanaman pangan, benih mempunyai peranan yang sangat strategis. Ketersediaan dan penggunaan benih varietas unggul bersertifikat yang memenuhi aspek kualitas dan kuantitas dibarengi dengan aplikasi teknologi budidaya lainnya seperti pupuk berimbang mempunyai pengaruh yang nyata terhadap produktivitas, produksi dan mutu hasil produk tanaman pangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui system penerapan bauran pemasaran pada IKB Teromu Kecematan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Metode penelitiannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan bauran harga, promosi, tempat, produk, proses, orang dan bukti fisik sedangkan kuatitatif menjelasakan hubungan antar variabel dan melakaukan generalisasi fenomena sosial yang di teliti yaitu hubungan bauran pemasaran dengan pengaruhnya terhadap pemebelian benih. Hasilnya menunjukkan bahwa uji partial variabel Kualitas Produk, harga, tempat dan promosi bahwa secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian benih padi. Secara simultan juga berpengaruh signifikan Bauran Pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian benih padi. Bauran Pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) secara bersamaan mempengaruhi Keputusan benih padi di IKB Teromu Kecamatan Mangkutana sebesar 12% dan sisanya 88% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Increasing productivity and production of food crops, seeds have a very strategic role. The availability and use of certified superior variety seeds that meet the aspects of quality and quantity along with the application of other cultivation technologies such as balanced fertilizers have a significant effect on productivity, production and quality of food crop products. The purpose of this study was to determine the marketing mix application system at IKB Teromu, Mangkutana District, East Luwu Regency. The research method is to determine and describe how the application of the price, promotion, place, product, process, people and physical evidence mix is ​​​​while quantitatively explaining the relationship between variables and generalizing the social phenomena studied, namely the relationship between the marketing mix and its influence on seed purchases. The results show that the partial test of the variables Product Quality, price, place and promotion that partially influence the decision to purchase rice seeds. Simultaneously also significantly influence the Marketing Mix 4P (Product, Price, Place and Promotion) on the Decision to Purchase Rice Seeds. The 4P Marketing Mix (Product, Price, Place and Promotion) simultaneously influences the rice seed decision at IKB Teromu, Mangkutana District by 12% and the remaining 88% is influenced by other variables not examined in this study.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agribisnis fokus mempublikasikan artikel artikel dalam bidang ilmu sosial ekonomi pertanian yang meliputi agribisnis mulai dari pengadaan sarana produksi, usahatani, agroindustri, pemasaran dan sarana penunjang termasuk sektor kelembagaan Agribisnis, serta penyuluhan pertanian, perencanaan ...