Jurnal Agribisnis
Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Agribisnis Volume 14 No 1 Tahun 2025

Analisis Pemasaran Tepung Tapioka di ITTARA SENTOSA Lampung Timur

Ivans, Eny (Unknown)
Ambar Sari, Novia (Unknown)
Oktaviana Kamto Putri, Lycha (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Persoalan pemasaran tepung tapioka diantaranya karena saluran pemasaran dan nilai margin yang tinggi. Perusahaan tepung tapioka memiliki beberapa saluran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer's share dan efisiensi pemasaran tepung tapioka. Lokasi penelitian berada di perusahaan ITTARA Rukun Santosa Desa Muara Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret sampai dengan Mei 2024 dengan metode kualitatif. Jumlah responden 11 orang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa saluran pemasaran tepung tapioka yang ada di Desa Muara Jaya terdiri dari tiga saluran pemasaran yaitu saluran I (Produsen - Konsumen), saluran II (Produsen-Tengkulak-Konsumen), saluran III (Produsen - Tengkulak - Pengecer - Konsumen). Marjin permasalahan saluran 1 sebesar Rp. 0/Kg, farmer's share sebesar 100% dan efisiensi pemasaran sebesar 0%, sedangkan saluran II diperoleh margin sebesar Rp. 1000/Kg, farmer's share sebesar 88,23% dan efisiensi pemasaran sebesar 4,7%, dan saluran III diperoleh margin pemasaran sebesar Rp. 2.500/Kg farmer's share sebesar 77,27% dan efisiensi pemasaran sebesar 8,7%. Marketing problems for tapioca flour include marketing channels and high margins. Tapioca flour companies have several marketing channels. The aim of this research is to determine marketing channels, marketing margins, farmer's share and marketing efficiency of tapioca flour. The research location is at the ITTARA Rukun Santosa company, Muara Jaya Village, Sukadana District, East Lampung Regency. The research was carried out from March to May 2024 using qualitative methods. The number of respondents was 11 people. Based on research results, the marketing channel for tapioca flour in Muara Jaya Village consists of three marketing channels, namely channel I (Producer - Consumer), channel II (Producer - Middleman - Consumer), channel III (Producer - Middleman - Retailer - Consumer). The problem margin for channel 1 is IDR. 0/Kg, farmer's share is 100% and marketing efficiency is 0%, while channel II obtains a margin of Rp. 1000/Kg, farmer's share is 88.23% and marketing efficiency is 4.7%, and channel III obtains a marketing margin of Rp. 2,500/Kg farmer's share is 77.27% and marketing efficiency is 8.7%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agribisnis fokus mempublikasikan artikel artikel dalam bidang ilmu sosial ekonomi pertanian yang meliputi agribisnis mulai dari pengadaan sarana produksi, usahatani, agroindustri, pemasaran dan sarana penunjang termasuk sektor kelembagaan Agribisnis, serta penyuluhan pertanian, perencanaan ...