JURNAL HERITAGE
Vol 5 No 2 (2017): Jurnal Heritage

ANALISIS WACANA PERSEPSI PARTISIPAN ADJIB PADA AKUN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP KOMUNIKASI POLITIK TIM SUKSES PASANGAN CALON M. IRSYAD YUSUF DAN MUJIB IMRON PADA PILKADA 2018 KAB. PASURUAN (PERIODE MARET – APRIL 2018)

M. Hidayatulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2017

Abstract

Pada masa menjelang Pemilu 2014 lalu, begitu ramai parata dan tokoh politik terjun ke media social. Mereka tampaknya berkaca dari contoh sukses Joko Widodo (Gubernur DKI Jakarta), Ahmad Heryawan (Gubernur Jawa Barat), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), dan Ridwan Kamil (Wali kota Bandung). Empat tokoh tersebut terbilang rajin berinteraksi di Twitter, Facebook, dan Youtube sehingga mampu menarik simpati serta dukungan pengguna media social. Pada Pilkada 2018 Kabupaten Pasuruan, peneliti menganalisis struktur teks yang dibangun oleh akun Relawan Adjib dalam Mengkampanyekan pasangan ADJIB. Dengan metode deskriptif kualitatif dan fokus penelitian yaitu postingan akun Relawan Adjib berupa berita periode maret – april 2018 dengan menggunakan analisis wacana Teun A. Van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar postingan berupa berita akun relawan adjib jika dilihat dari struktur makro postingan yang pertama, tema atau topik yang ditampilkan berupaya untuk menekankan terhadap masyarakat yang berlatar belakang pesantren khususnya santri dan alumni Pondok Pesantren Al-Yasini bahwa Adjib lah yang harus dan lebih pantas mereka pilih dan dimenangkan untuk memimpin kabupaten pasuruan pada periode mendatang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

HERITAGE

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Heritage merupakan publikasi ilmiah enam bulanan yang diterbitkan oleh FISIP Universitas Yudharta Pasuruan. Dan terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian ilmu-ilmu sosial dalam perspektif ilmu komunikasi. Naskah yang diterima hanya naskah asli dan belum di publikasikan di media ...