el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 6, No 2 (2023): el-ibtidaiy

Mengungkap Realitas Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar

Safitri, Erista (Unknown)
Ananda, Rizki (Unknown)
Surya, Yenni Fitra (Unknown)
Fauziddin, Moh (Unknown)
Rizal, Muhammad Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah maraknya tindakan bullying yang terjadi khususnya di lingkungan salah satu sekolah dasar di desa Ranah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan gambaran tindakan bullying, penyebab bullying dan dampak bullying bagi korban terutama dalam jangka pendek pada siswa sekolah dasar di desa Ranah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang dilaksanakan di kelas tinggi. Informan dalam penelitian ini yaitu 3 orang guru yaitu wali kelas IV, V, VI dan 41 orang siswa dengan 11 orang kelas IV, 13 orang kelas V dan 17 orang kelas VI. Instrumen penelitian dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, lembar wawancara guru dan siswa, lembar dokumentasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi gambaran tindakan bullying yang banyak di temui di salah satu sekolah dasar di desa Ranah adalah berupa ejekan, olokan, memilih teman dan menyudutkan teman. Dari hasil wawancara juga ada beberapa orang siswa yang mengaku mendapatkan tindakan kekerarasan seperti ditinju. Namun yang paling banyak ditemui adalah ejekan. Berdasarkan hasil wawancara penyebab terjadinya tindakan bullying ini adalah iri hati, denki, dendam dan sok jagoan. Berdasarkan observasi dan hasil wawancara, dampak dari tindakan bullying bagi korban terutama dalam jangka pendek adalah korban menjadi tidak Percaya diri, korban merasa takut dan sedih bahkan ada yang juga mengaku malas untuk pergi kesekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...