Komunikasi merupakan elemen penting dalam sebuah organisasi atau perusahaaan, melihat pentingnya komunikasi, tidak heran banyak perusahaan yang merekrut sumber daya manusia (SDM) sebagai corporate communications (CorComm). Untuk memastikan fungsi CorComm berjalan sesuai goal perusahaan, tentu diperlukan sebuah panduan agar fungsi berjalan sebagaimana mestinya. Menyadari pentingnya pengelolaan sistem komunikasi korporasi, Astra membentuk sebuah sistem komunikasi bernama Astra Communications Management System (ACMS). ACMS diperkenalkan Astra kepada Grupnya pada tahun 2018. Tentu bukan hal yang mudah bagi Astra dalam mengajak grupnya menerapkan ACMS tersebut, diperlukan strategi yang tepat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi dan model komunikasi persuasif Astra dalam mengajak grupnya untuk menerapkan kegiatan komunikasi sesuai ACMS. Metode penelitian yang digunakan adalah dekriptif kualitatif. Seluruh strategi komunikasi persuasif serta model komunikasi persuasif yang dilakukan Astra sejak 2018 memberikan pencapaian cukup positif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 116 personel komunikasi aktif yang masih tersertifikasi dan 35 perusahaan Grup Astra yang telah melaksanakan asesmen perusahaan berdasarkan standar ACMS dan lainnya masih menuju sertifikasi, namun telah menerapkan ACMS.
Copyrights © 2024