Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi, dan Bisnis
Vol 13, No 2 (2024): KOMPLEKSITAS EDISI DESEMBER 2024

PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR CIBITUNG TANJUNGRAYA

Noviaty, Evi (Unknown)
Basri, Hasan (Unknown)
Isyahida, Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

This study aims to determine the effect of marketing communication and relationship marketing, both partially and simultaneously, on customer satisfaction at P.T. BPR Cibitung Tanjungraya. The type of research is quantitative descriptive. Primary data was collected through questionnaires from 52 customers. The research results concluded that marketing communication does not have a positive effect on customer satisfaction, relationship marketing has a positive effect on customer satisfaction, and both marketing communication and relationship marketing have a positive effect on customer satisfaction at P.T. BPR Cibitung Tanjungraya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran dan relationship marketing secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Cibitung Tanjungraya. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 52 nasabah. Hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah,  relationship marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, serta komunikasi pemasaran dan relationship marketing secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Cibitung Tanjungraya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kompleksitas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal KOMPLEKSITAS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM ITB Swadharma. Jurnal ini berisi karya ilmiah dengan bidang kajian penelitian meliputi: Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategis, Manajemen Operasi, Manajemen Perubahan, Manajemen Pengetahuan, Perilaku Organisasi, ...