Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Make and Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas IV SD Pinrang

Zair, Muhammad (Unknown)
Assidiq, Ilham (Unknown)
Said, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model konstruktivis dan adaptasi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IV IPA. Model pembelajaran Make and Match merupakan metode yang mengintegrasikan permainan kartu edukatif untuk membantu siswa memahami materi secara interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode desain quasi eksperimen. Populasi statistik penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di pinrang dan sampel acak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar yang didasarkan pada teori motivasi belajar yang dikembangkan oleh Prayoga. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model konstruktivis dan adaptif dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang diajar dengan model Make and Match lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivis dapat efektif dan disesuaikan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...