Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Analisis Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar di SDN Karundang

Sepianah, Sepianah (Unknown)
Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Hakim, Zerri Rahman (Unknown)
Andriana, Encep (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Urgensi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kurikulum Merdeka dapat disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis strategi implementasi kurikulum merdeka pada jenjang sekolah dasar di SDN Karundang 1. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, gambar dan angka-angka. Peneliti mengkaji data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa strategi SDN Karundang 1 cukup siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan melalui beberapa tahap penyesuaian dan juga dioptimalkan dengan membuat suatu skema metode pembelajaran dalam pematangan implementasi kurikulum merdeka. Selain itu, dalam proses pembelajarannya ada empat aspek yang dipenuhi dalam mendukung proses pelaksanaan pembelajaran yaitu membangun karakter positif siswa, kearifan lokal sebagai bahan ajar siswa, strategi manajemen kelas dan pembelajaran interaktif guru dan siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu pentingnya suatu strategi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang terstruktur dengan baik. Hasil temuan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi guru, kepala sekolah, bagi peneliti dan bagi pembaca jika ingin mengimplementasikan kurikulum merdeka perlu lebih matang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...