Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Kelas IV SD Telkom Makassar

Hardianty, Salmiah (Unknown)
Sari, Purnama (Unknown)
Nursakiah, Nursakiah (Unknown)
Sulastri, Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.A yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa tes tipe esai dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I adalah 60% termasuk kategori sedang. Sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan belajar peserta didik 90% termasuk kategori sangat kritis. Jadi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...