Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunan Metode Chain Writting Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Siswi Kelas IX di Sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan

Simanjuntak , Harlen (Unknown)
Lumban Gaol , Dedi Agustiawan (Unknown)
Sitohang , Tigor (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX sebelum menggunakan metode chain writting di UPT SMP Negeri 37 Medan. Untuk mengetahui bagaimana kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX sesudah menggunakan metode chain writting di UPT SMP Negeri 37 Medan. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan metode chain writting terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX di sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan tahuun pembelajaran 2023/202 berjumlah 233 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling sederhana, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelompok kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen posstest-only design untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks pidato dari analisis yang diperoleh kemampuan siswa menulis teks pidato di kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan menggunakan metode chain writting diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 84 dengan rata-rata 52,26 pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimen diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 92 dengan rata-rata 72,55, berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = 5,4867 dan ttabel= 2,0198, dengan taraf signifikan 5% = 2.0198 menuju thitung > ttabel atau 5,4867 >2,0198 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode chain writting terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX UPT SMP Negeri 37 Medan Kata Kunci: Metode Chain Writting, Kemampuan Menulis, Teks Pidato.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...