Dalam menjalankan bisnis terutama di bidang UMKM terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi terdapat Faktor Internal yang terdiri dari Minat, Pemberdayaan diri dan Motivasi dan Faktor Eksternal terdiri dari Dukungan suami/keluarga, Sumber dana, Lingkungan keluarga/keturunan, Lingkungan sosial, Peluang. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Dalam Menjalankan Bisnis UMKM di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data berupa non-prbability yaitu Teknik Purposive Sampling (pengambilan sampel bertujuan) dan Snowbal Sampling (pengambilan sampel menggelinding). Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan persepsi yang berbeda-beda dari masing-masing informan. Terdapat berbagai bidang usaha yang dijalankan oleh infroman di Kabuaten Bojonegoro yaitu Kerajinan Handmade & Jasa Pelatihan Ketrampilan, Fashion dan Berbagai Craft, Wedding Organizer, Bumbu dan Camilan dan Anyaman tas. Kesimpulan dari hasil wawancara ke beberapa UMKM yang didirikan oleh wanita menjadi penjabaran yang jelas mengenai faktor yang mempengaruhi wanita dalam menjalankan bisnis UMKM di Kabupaten Bojonegoro yaitu Faktor internal minat dengan didukun keterampilan serta motivasi, faktor lainnya yang mendukung pada lingkungan sosial dan kendala adanya Kurangnya permodalan, Kurangnya support, persaingan serta keterbatasan pengetahuan di bidang IT untuk pemasaran online.
Copyrights © 2024