Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat dampak dari penutupan TikTok Shop terhadap omzet UMKM offline. Berawal dari ketidaksetaraan dalam persaingan bisnis yang mengakibatkan UMKM sering kali kalah dalam mempertahankan pangsa pasar mereka. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah pelaku usaha UMKM yang berjualan offline. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa UMKM offline, mereka berpendapat bahwasanya ketegasan pemerintah terhadap aplikasi social commerce sudah tepat dilakukan. Dengan adanya penutupan yang dilakukan pemerintah memberikan dampak yang cukup positif terhadap usaha mikro kecil, dan menengah yang berjualan offline, khususnya terkait dengan perang harga. Dampak lainya adalah beberapa konsumen sudah mulai berdatangan untuk membeli produk yang ada di toko mereka. Pelaku UMKM offline juga menegaskan banyak pembelajaran yang didapat dari TikTok Shop. Walaupun pelaku UMKM offline tidak berjualan secara online tetapi mereka memaksimalkan dalam kepuasan pelanggan.
Copyrights © 2024