Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 4 No. 2 (2023): September

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NURUL HUDA TAHUN 2022/2023

Siti Rovita (Unknown)
Isro Puad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui sejauhmana Hubungan Motifasi Belajar Siswa Dengan Prestasi Siswa Pada Mata pelajaran Fikih di MTS Nurul Huda Jumlah Sampel yang Digunakan Penelitian ini sebanyak 23 siswa, diambil dari seluruh siswa kelas VIII, yang digunakan untuk mengumpulkan data variabel X dan Y dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil uji validitas yang telah diolah mengggunakan bantuan program SPSS 22. bahwa diketahui semua item angeket motivasi belajar siswa dinyatakan valid dikarenakan rhitung > rtabel yaitu 0,413. Berdasarkan hasil uji t berbantuan SPSS 22.0 for windows menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,653 dan dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf nyata () 0,05, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTS Nurul Huda Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...