Nusantara Journal of Islamic Studies
Vol. 4 No. 2 (2023): September

MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM : (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM NGESONG- SENGON JOMBANG)

Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Program Pembelajaran Bahasa Arab adalah salah salah satu Program pembelajaran yang sering diajarkan dan dikaji pada Lembaga Pendidikan Islam seperti Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Darussalam Ngesong-Sengon Jombang adalah salah satu Pondok Pesantren yang melaksanakan Program pembelajaran Bahasa Arab, dan menjadikan salah satu syarat dalam kenaikan kelas pada madrasah diniah Awaliah, Wustho dan Ulya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen Program pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussalam Ngesong-Sengon Jombang. Majunya suatu lemabaga Pendidikan Bahasa Nafira pondok pesantren Darussalam sengon jombang ditentukan oleh kualitas sumber daya manusinya dan didukung dengan penerapan konsep menejemen yang baik. Konsep manajemen dimulai dari perencanaan dan pengambilan keputusan ( Planning ), Perorganisasian ( organizing ), kepemimpinan (leading) dan pengendalian (controlling). Hal tersebut yang akan dibahas dalam penelitian ini khususnya hal yang berkaitan dengan manajemen lemabaga An-Nafira. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan Deskriftif Kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, foto, video, dokumen dan brosur-brosur kemudian membanding-bandingkan, mengkombinasikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Bahasa NAFIRA telah melaksanakan peran strategis bagi kemajuan umat dan bangsa dengan menerapakan sistem pola manajemen dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NJIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

Nusantara Journal of Islamic Studies is Islam education scientific journal that contains articles on Islamic education, Islamic education thought and management of Islamic Education. Intended as a vehicle for critical thinking and open to all circles of academia, religion, intellectuals, students ...