Pengaruh hasil belajar mata pelajaran Fisika dengan penerapan media pembelajaran interaktif alat ukur listrik menggunakan Adobe Flash CS6. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI-2 sebagai kelas Digital yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif alat ukur listrik berbasis Adobe Flash CS6 dan kelas XI-3 sebagai kelas Analog yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Langsung. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas Digital adalah 41,53 dengan standar deviasi 9,80 dan nilai rata-rata kelas Analog diperoleh data pretest 39,25 dengan standar deviasi 10,99. Dari hasil uji statistik uji t dua pihak, diperoleh harga thitung = 1,50 dan ttabel = 1,98 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 62 berada diantara dk = 60 dan dk = 120. Karena thitung < ttabel hal ini menyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan berbeda, selanjutnya dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas Digital dengan menerapkan media pembelajaran interaktif alat ukur listrik menggunakan adobe flash CS6 adalah 79,49 dengan standar deviasi 12,99 dan nilai rata-rata postes kelas Analog dengan menerapkan model pembelajaran Langsung adalah 69,94 dengan standar deviasi 10,14. Berdasarkan hasil uji statistik uji t satu pihak di peroleh harga thitung = 3,898 dan ttabel = 1,679 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 62 berada diantara dk = 60 dan dk = 120. Karena thitung > ttabel hal ini menunjukkan kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran interaktif alat ukur listrik berbasis adobe flash CS6 memperoleh hasil belajar Fisika yang lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran Langsung pada materi pokok Alat Ukur Listrik.
Copyrights © 2024