COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 4 No 2 (2017): Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika

PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANGSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Deta, Gusten Umbu (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini secara deskriptif untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual dan konvensional. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 antara yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual dan konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data dihitung menggunakan uji-t, sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis, meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, yang diajar dengan pendekatan kontekstual termasuk kategori tinggi dan yang pendekatan konvensional termasuk kategori sedang. Pada uji-t diperoleh thitung = 4,219 dengan p = 0,01. Karena p<0,05, secara komparatif ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar fisika pada siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 antara yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual dan konvensional. Rerata prestasi belajar fisika yang diajar dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibandingkan konvensional. Berarti ada pengaruh pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar fisika pokok bahasan getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...