COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 8 No 1 (2021): Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika

Analisis Kemampuan Multirepresentasi (Verbal dan Matematis) Mahasiswa Fisika Tentang Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Intania, Fatma (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya multirepresentasi pada materi spektrum gelombang elektromagnetik di kalangan mahasiswa. Jenis representasi yang digunakan yaitu representasi verbal dan representasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa pemberian  soal secara online melalui google form. Pada instrumen tes yang telah diberikan kepada 40 orang mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Jember dengan jumlah 8 soal pilihan ganda didapatkan hasil kemampuan tertinggi pada soal representasi verbal sebesar 74,4%. Adapun soal dengan jawaban benar tertinggi yaitu pada kategori soal representasi verbal nomor 3 sebesar 72,5% dan terendah pada kategori soal representasi matematis sebesar 52,5%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...