Kegagalan lembaga pendidikan dalam mempertahankan mutu pendidikan di Sekolah dasar disebebkan kurangnya peran kepala sekolah dalam mempertahakan Eksistensi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam perancangan, peroganasasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, 2) Menjelaskan dampak peran kepala sekolah. Instrument penelitian ini terdiri dari dua Istrumen yaitu Instrumen kunci dan Instrumen pendukung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi 3 cara yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini meliputi 4 cara yaitu: Pengumpulan data, penyajian data, kondenisasi data, dan memberi kesimpulan pada data. Hasil temuan pada penelitian ini meliputi: 1) pembentukan visi dan misi sekolah serta penentuan kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pengadaan rapat merupakan suatu rancangan yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi pendidikan di sekolah, 2) pengadaan koordinator dengan guru-guru mata pelajaran dan guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler 3) pemberian reward dan motivasi kepada guru, 4) pengadaan evalusi mingguan, triwulan, dan semesteran dalam mempertahankan eksistensi pendidikan dan keberhasilan peserta didik disekolah.
Copyrights © 2022