Abstrak: Penelitian ini mengevaluasi penerapan strategi kognitif dalam penulisan karya ilmiah di kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda, dengan fokus pada keefektifan dan kepraktisannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif evaluatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan penilaian hasil karya ilmiah dari peserta didik kelas XI – 11 yang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menggunakan strategi kognitif (perencanaan, organisasi, revisi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan strategi kognitif dalam menulis karya ilmiah memperoleh nilai rata-rata 84,02 (kategori baik), yang mencerminkan kemampuan peserta didik menerapkan strategi dengan baik dan menghasilkan karya berkualitas. Penilaian kepraktisan strategi kognitif mencatat nilai rata-rata 85,97, menunjukkan bahwa strategi ini praktis dan mudah diikuti oleh peserta didik, menghasilkan karya ilmiah yang terstruktur. Disimpulkan bahwa penerapan strategi kognitif efektif dan praktis dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah. Diharapkan strategi ini dapat terus diterapkan dan dikembangkan untuk mengoptimalkan keterampilan menulis karya ilmiah peserta didik. Application of Cognitive Strategy in Writing Scientific Papers In Class XI of SMA Negeri 4 Samarinda Abstract: This study evaluates the application of cognitive strategies in writing scientific papers in class XI of SMA Negeri 4 Samarinda, focusing on its effectiveness and practicality. The research method used is descriptive evaluative. Data were collected through questionnaires and assessment of scientific paper results from students in class XI - 11 who actively participated in learning using cognitive strategies (planning, organization, revision). The results showed that the effectiveness of cognitive strategies in writing scientific papers obtained an average score of 84.02 (good category), which reflects the ability of students to apply strategies well and produce quality work. The assessment of the practicality of cognitive strategies recorded an average score of 85.97, indicating that this strategy is practical and easy to follow by students, producing structured scientific papers. It is concluded that the application of cognitive strategies is effective and practical in improving the ability to write scientific papers. It is hoped that this strategy can continue to be applied and developed to optimize students' scientific writing skills.
Copyrights © 2025