Penelitian dilaksanakan di MI Bani Quraisin kota Bandung bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat mengatasi masalah daya ingat peserta didik. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa salah satu cara meningkatkan daya ingat peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model yang digunakan adalah Team Games Tournament (TGT), sebuah model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berperan aktif dan kolaboratif. Model TGT juga berkaitan erat dengan teori kerucut pengalaman Edgar Dale. Teori ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang melibatkan lebih banyak indra dan partisipasi aktif cenderung meningkatkan retensi informasi. Dalam penelitian ini, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempelajari materi, bermain permainan edukatif, dan berpartisipasi dalam turnamen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model TGT menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan daya ingat dan pemahaman materi dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Temuan ini mengindikasikan bahwa TGT merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan daya ingat siswa, selaras dengan prinsip-prinsip yang diuraikan dalam teori kerucut pengalaman Edgar Dale. Berdasarkan hasil penelitian, variasi dalam setiap pembelajaran sangat penting untuk menarik perhatian dan meningkatkan semangat belajar dari peserta didik, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan daya ingat peserta didik secara signifikan.
Copyrights © 2024