Dalam proses pembelajaran, kemampuan mengingat merupakan hal yang penting bagi siswa. Kesulitan mengingat dan lupa sering dialami oleh siswa selama proses kegiatan belajar mengajar dikelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya siswa kelas 8 MTs. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Dimana penelitian kualitatif sebagai metode ilmiah sering digunakan dan dilaksanakan oleh sekelompok peneliti. Pada penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang dapat diterapkan di sekolah itu diantaranya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menerapkan Teknik belajar yang efektif, mendorong siswa untuk aktif belajar, dan membiasakan literasi sebelum maupun sesudah pembelajaran.
Copyrights © 2023