AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 2 (2023): Februari

Strategi Meningkatkan Kemampuan Mengingat siswa kelas 8 di MTs Darul Hidayah Batununggal

Irapani Soptiani (Unknown)
Mubarok, Agni Garib (Unknown)
Rahmah, Syifa Fatur (Unknown)
Arif Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2023

Abstract

Dalam proses pembelajaran, kemampuan mengingat merupakan hal yang penting bagi siswa. Kesulitan mengingat dan lupa sering dialami oleh siswa selama proses kegiatan belajar mengajar dikelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang dapat meningkatkan kemampuan siswa khususnya siswa kelas 8 MTs. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, Dimana penelitian kualitatif sebagai metode ilmiah sering digunakan dan dilaksanakan oleh sekelompok peneliti. Pada penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang dapat diterapkan di sekolah itu diantaranya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menerapkan Teknik belajar yang efektif, mendorong siswa untuk aktif belajar, dan membiasakan literasi sebelum maupun sesudah pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...