Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan rendahnya kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Kecamatan Japah Kabupaten Blora yang dipengaruhi oleh supervisi akademik, budaya sekolah, dan motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik, budaya sekolah dan motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar di Kecamatan Japah Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru sekolah dasar di Kecamatan Japah Kabupaten Blora sebanyak 191 guru dengan jumlah sampel penelitian 129 guru. Untuk menjawab hipotesis yang ditetapkan dilakukan dengan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru dengan besarnya pengaruh 48,0%; (2) terdapat pengaruh signifikan budaya sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru dengan besarnya pengaruh 55,5%; (3) terdapat pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru dengan besarnya pengaruh 70,5%; (4) terdapat pengaruh signifikan supervisi akademik, budaya sekolah, dan motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik guru dengan besarnya pengaruh 71,2%.
Copyrights © 2024