Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

The Effect Of Literacy Practices Toward Students’ Reading Skill At Eleventh Grade In Pondok Pesantren Haji Miskin In The Academic Year Of 2021/2022

Yosfia, Risma (Unknown)
Melani, Melyann (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik literasi terhadap keterampilan membaca siswa. Hal tersebut dilakukan di Pondok Pesantren Haji Miskin karena sebagian santri di Pondok Pesantren Haji Miskin masih memiliki kendala dalam penguasaan bahasa Inggris khususnya dalam membaca. Sebagian besar siswa kurang kosa kata dan sulit membaca teks yang terlihat dari beberapa siswa tidak dapat membaca dengan jelas. Akibatnya, hanya beberapa siswa yang tidak bisa membaca teks dan tidak bisa memahami paragraf atau teks.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Peneliti menggunakan penelitian pre eksperimen design dengan menggunakan model pre-test-post-test. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di Pondok Pesantren Haji Miskin. Sampel nya kelas XI.1 diberlakukan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan praktek literasi. Peneliti ini menggunakan total sampling untuk menentukan sampel penelitian ini. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan test nomalitas dengan memakai uji lilliefors dan. Sedangkan untuk menguji hypothesis peneliti menggunakan uji t dan mengkonsultasikan hasilnya dengan table derajat α=0.05.Dari hasil penelitian dan perhitungan tes awal dan akhir dari kelas eksperimen terdapat hasil uji t-hitung ( 3,693) lebih tinggi daripada t-table (2,056) dengan df =26 dan α = 0,05 , jadi hipotesis alternative (Ha) diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan literacy practices. Jadi, hipotesis alternative diterima yang berarti bahwa penggunaan teknik praktek literasi lebih baik daripada menggunakan metode biasa. Hal ini dibuktikan bahwa menggunakan cara praktekl literasi sebagai teknik yang bisa membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...