Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya memperkokoh karakter cinta tanah air untuk menciptakan good citizenship dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan hambatan implementasi untuk menciptakan good citizenship dalam pembelajaran PPKn di kelas V SDN 1 Linggasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian melibatkan kepala sekolah, guru, dan peserta didik Kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer berupa wawancara dan observasi, serta sumber data sekunder berupa dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya memperkokoh karakter cinta tanah air dalam upaya menciptakan good citizenship dilakukan melalui pembelajaran PPKn di kelas V SDN 1 Linggasari melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Namun, terdapat beberapa hambatan, seperti kesadaran perserta didik dalam menaati peraturan, kurangnya tanggung jawab perserta didik dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan kurangnya sumber yang dapat memfasilitasi pembentukan karakter perserta didik untuk menciptakan good citizenship.
Copyrights © 2024