Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik dalam Materi Perkalian Bilangan Menggunakan Media Kabulan

Hasanah, Mualifatul (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas III SD, khususnya dalam materi perkalian bilangan cacah, melalui penggunaan media Kabulan. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang cenderung mengandalkan hafalan tanpa pemahaman konsep dan kurangnya kaitan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian in menggunakan desain eksperimen non-ekuivalen kontrol grup dengan subjek peserta didik kelas III-A dan III-B SDN 2 Guwa Kidul. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika setelah penggunaan media Kabulan, dibuktikan dengan perhitungan rata-rata n-gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,52 yang termasuk dalam klasifikasi sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa media Kabulan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik, sehingga dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang lebih efektif dibandingkan metode konvensional yang mengandalkan hafalan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...