Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi akademik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan total partisipan sebanyak 103 mahasiswa Fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana. Instrumen penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar dan indeks prestasi kumulatif (IPK). Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji korelasi pearson atau Correlation Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi sebesar r = 0,465 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana, yang artinya semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi prestasi akademik dan sebaliknya jika prestasi akademik rendah maka makin rendah motivasi belajar.
Copyrights © 2024