Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan E-modul menggunakan aplikasi Heyzine Flipbook untuk kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran tematik, tema 8 subtema 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE. Sumber penelitian ini adalah seorang wali kelas, 30 orang peserta didik kelas V D Sekolah Dasar Mujahidin Pontianak, dan dua orang validator ahli, yaitu ahli desain dan materi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan E-modul menggunakan Heyzine Flipbook sudah melalui lima langkah penelitian, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Kelayakan produk pengembangan E-modul menggunakan Heyzine Flipbook memperoleh kategori “Sangat Valid” dari validator ahli, yaitu pada aspek desain memperoleh skor 88,49% dan, aspek materi memperoleh skor 87,49% sehingga layak untuk di ujicobakan berdasarkan aspek desain dan materi. Memenuhi kategori “Sangat Praktis” dengan perolehan skor 96% oleh pendidik dan 90% oleh peserta didik, sehingga E-modul menggunakan Heyzine Flipbook memenuhi kriteria praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Heyzine Flipbook
Copyrights © 2024