Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas I SDN Sawojajar 01. Peserta didik kelas I merupakan masa transisi dari PAUD ke SD yang memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus observasi yaitu jenis penelitian yang menyelidiki fenomena dengan konteks nyata melalui pengamatan. Dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti. Keabsahan data dicapai melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini mengenai peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu a) Manajemen Waktu Belajar. b) Menemani Belajar. c) Pemberian Reward. d) Hukuman. e) Antar Jemput Sekolah.
Copyrights © 2024