Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika menghitung luas dan keliling dengan model STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Pada penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan dimulai perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan belajar matematika menghitung luas dan keliling peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkan model STAD. Peningkatan terlihat dari hasil post-test serta pencapaian KKM peserta didik yang meningkat di atas 80%. Pembelajaran dengan model STAD mampu memotivasi peserta didik dan memberikan kesempatan berdiskusi dalam kelompok. Kerjasama antar anggota kelompok membantu peserta didik yang kesulitan. Model ini ternyata dapat untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan sosial peserta didik dalam matematika khususnya menghitung luas dan keliling. Kata Kunci: Model STAD, Kemampuan Belajar Abstract The aim of this research is to improve the ability to learn mathematics to calculate area and perimeter using the STAD model. This research uses a classroom action research method with two cycles. This research consists of 2 cyclus starting with planning, action, observation and reflection. The results of the research show that students' ability to learn mathematics to calculate area and perimeter has increased after implementing the STAD model. The improvement can be seen from the post-test results and the students' KKM achievement which increased above 80%. Learning with the STAD model is able to motivate students and provide opportunities for discussion in groups. Collaboration between group members helps students who are having difficulty. This model turns out to be able to improve students' learning achievement and social skills in mathematics, especially calculating area and perimeter. Keywords: STAD Model, Learning Ability
Copyrights © 2024